Jumlah = pcs
Keranjang

Kayu Mahoni Untuk Bahan Furniture Jepara

Minggu, Desember 18th 2016.

Kayu Mahoni Untuk Bahan Furniture Jepara – Kayu mahoni memang sring di gunakan sebagai bahan furniture jepara.  Kayu mahoni di jadikan bahan baku utama setelah kayu jati. Kayu jenis ini memiliki tingkat kekerasan dan kekuatan dibawah kayu jati, Namun bukan berarti kayu mahoni tidak kuat, Hanya saja kayu jati memang sangat kuat makanya kayu mahoni disebut sebagai nomor 2 dalam masalah kekuatan. Untuk penampilan seratnya, kayu mahoni memiliki permukaan papan yang berwarna kemerahan dengan serat yang padat dan untuk bagian pinggir luar kayu ( sap wood ) berwarna putih abu2. Kayu mahoni dapat umbuh hampir dimana saja, Dia tergolong pohon yang tangguh. Maka dari itu pohon mahoni banyak sekali dijumpai dipinggir jalan sebagai pohon peneduh, Dia juga sangat suka dengan polusi dari kendaraan bermotor.

nah, selanjutnya saya akan membahas apasih Kegunaan Pohon mahoni selain di jadikan bahan baku Furniture jepara? langsung saja sob kita ulas

Kelebihan Dan Kekurangan Kayu Mahoni Normal
Saat sebelum saya mengulas mengenai Kelebihan Dan Kekurangan Kayu Mahoni, lebih baiknya kalian mengenal apakah yang dimaksud kayu mahoni. Kayu mahoni satu diantara anggota sisi meliaceae yang termasuk 50 general dan 500an spesies tanaman kayu keras. Kayu mahoni tergolong pohon yang mempunyai ukuran besar dengan tingginya pohon dapat gapai 35 hingga sampai 40 mtr. dan diameter gapai 1,5 mtr.. Tangkai pohonya lempeng berupa silindrisr. Kulit luarnya condong punya warna warna mearah tua, atau sedukit coklat kehitaman, tidak hanya itu kayu beralur dangkal seperti sisik, berdesa dengan mahoni masih yang muda, yang mempunyai kulit tangkai punya warna abu-abu dan lembut, dan akan jadi kemerahan coklat tua, beralur dan terkelupas seusai jadi betul-betul tua.

Kegunaan Kayu Mahoni

Konon biji buah mahoni ( yang amit2 pahitnya ) bisa dibuat obat, kulitnya bisa dipakai untuk pewarna pakaian, daunnya untuk pakan ternak. Silahkan cek di wikipedia aja untuk hal ini, Kami tukang kayu jadi kurang begitu tertarik dengan manfaat pohon mahoni…selain untuk bikin meja.

Kayu mahoni untuk furniture jepara rata2 dipakai untuk pesanan furniture model klasik. Kenapa ? entahlah, namun menurut pendapat kami karena rata2 pembeli furniture model klasik itu adalah dari eropa dan amerika. Disana kayu mahoni tergolong salah satu kayu mahal dan mewah, itulah mengapa ( lagi, menurut kami ) dijepara kayu mahoni rata2 dibuat furniture model klasik. Kenapa bangsa2 eropa dan amerika tidak memilih jati ? Mungkin…mereka lebih mengenal kayu jati sebagai kayu yang tangguh, mereka banyak memesan kayu jati untuk furniture luar ruangan dan juga untuk bahan baku kapal.

Kayu Mahoni Untuk Bahan Furniture Jepara

oke sob setelah kita mengulas kegunaan kayu mahoni sekarang selanjutnya, apa sih keunggulan kayu mahoni dan juga kekuranganya? langsung aja sob, yuk dibaca lanjut lagi

Kayu Mahoni Untuk Furniture Jepara, Keunggulannya

Seratnya halus dan sangat seragam. penampilan yang seperti ini sangat bagus jika difinishing dengan warna2 natural atau klasik. Kedua, Penampang kayu yang sangat stabil, kayu mahoni dikenal untuk kekuatan akan penyusutan dan perubahan bentuk, ini alasan mengapa kayu mahoni banyak juga dipakai dalam industri gitar dan alat2 musik lainnya. Tentu saja syarat utama nya adalah kekeringan bahan baku kayunya. Ketiga…Kandungan minyak alami kayu rendah, ini menjadikan kayu mahoni bisa di finishing cat duco tanpa resiko meninggalkan noda kekuningan seperti pada kayu jati. Namun lagi…kekeringan kayu adalah syarat utama. nah, itu tadi sedikit penjelasan tentang keunggulan kayu mahoni sob.

Kayu Mahoni Untuk Bahan Furniture Jepara

trus ayo lanjut lagi sob, bacanya. yang selanjutanya mengenai apa ya? yap , benar sekali sob, tentunya kalau ada keunggulan pastinya ada kekuranganya dong sob. Kira kira apa ya kekurangan kayu mahoni ? katanya tadi kayu mahoni kualitasnya nomer dua setelah kayu jati, kok masih ada kekuranganya! heheh  di dunia ini tidaka ada yang sempurna sob, yang sempurna hanya Tuhan yang maha Esa. ya tentunya pasti ada kekuranganya ya sob dai kayu ini. yuk di lanjut lagi bacanya sob. nih ni saya beri penjelasan juga tentang kekurangan kayu mahoni… lanjjuut,, hehehe

Kekurangannya

Kekurangan kayu mahoni untuk furniture jepara adalah banyak diserang hama, Entahlah ini karena sifat alami kayu mahoni atau memang ini seperti hama wereng padi ( perumpamaan nih) yang sedang menyerang populasi kayu mahoni namun…kayu mahoni banyak diserang hama, bahkan dari pertama kali kami belah kayu. Memang tidak semua, namun banyak…hal ini bikin frustasi lho. solusinya, sementara ini yang paling efektif adalah direbus dengan cairan campuran obat anti hama dan air. Mati sampai anak cucu dan telur2nya hamanya. Kedua…kayu mahoni menurut kami cukup manja, di harus diperlakukan dengan baik, maksud kami menata di dalam ruangan oven harus baik, menyimpan papan2 harus baik, finishingnya juga tidak bisa main kasar2 dan hal kecil yang lain, memang bukan merupakan satu kekurangan mungkin namun menurut kami…cukup merepotkan. gimana sob sob, cuku repot kan . heheheh

habis bahas keunggulan dan kekurangan lagsung saja ya sob dapat di simpulkan apa ya

Mahoni baru bisa berbunga seusai mempunyai usia sekurang-kurangnya 7 tahun. Rata-rata bunganya silindris, punya warna kuning kecoklat-coklatan di bagian luar, dan sisi dalam berbentuk biji putih dan tipis, dan rasa bijinya benar-benar pahit. Kayu mahoni bisa dijumpai tumbuh liar di hindia barat. Karakter mahoni yang bisa hidup di tempat gersang buat pohon ini sebagai tanaman perlindungan yang ditanamkan ditepi jalan. Buat masyarakat indonesia khususnya jawa, kayu ini tidaklah tanaman yang asing kembali. Karena telah semenjak era penjajahan penjajahan belanda, pohon mahoni telah begitu banyak ditanamkan di tepi jalan sebagai perlindungan atau peneduh utamanya jalan yang dibikin daendels di antara anyer sampai panarukan.

Biji Buah Kayu Mahoni Sebahai Obat

Mahoni mempunyai buah yang mempunyai kandungan flavonoid dan saponin. Menurut salah sebagian orang menuturkan kalau buah mahoni bisa memperlancarkan saluran darah, maka banyak pasien penyakit yang mempunyai saluran darah terhambat benar-benar disarankan konsumsi buah mahoni. Buah mahoni juga bisa jadi obat yang kurangi cholesterol, berikut yakni fungsi buah mahoni:
– Memperlancarkan saluran darah
– Menangani penumpukan lemak di dalam darah,
– Bisa kurangi merasa sakit, pendaraan dan bengkak, dan
– Berperan selaku anti oksidan buat menghalau radikal bebas.
– Menghindar penyakit sampar
– Kurangi lemak dibadan
– Menolong sitem ketahanan badan
– Memerlambat pembekuan darah.
– Lepas betul tidaknya saya kurang pahami, jd saya rekomendasikan komunikasi dulu dengan pakar klinik

Tidak hanya itu kayu mahoni bisa kurangi pencemaran udara sampai nyaris 70%, menjadi pantaslah bila dikatakan sebagai pohon perlindungan, dan bermanfaat mengfilter udara berpolusi tidak hanya itu sebagai wilayah serapan air. Daun-daunya berperan meresap pencemaran udara disekelilingnya tanaman itu, kebalikannya dedaunan itu keluarkan oksige yang membuat udara disekelilingnya bertambah lebih fresh dan bersih. Sewaktu hujan turun, jadi tanah dan akar-akar pohon pohon dapat meresap air yang jatuh, dan jadi cadangan air buat tanaman manoni itu.

 

 

Semenjak sekian tahun terkhir ini, pohon mahoni mulai terkenal dan diperbudidayakan, karena kayunya mempunyai harga jual yang cukuplah tinggi. Lantaran mutu kayunya yang bagus dan keras maka benar-benar pas buat produksi perabot, perabot, ukir-pahatan dan produk kerajinan tangan yang lain. Mutu kayu mahoni sedikit di bawah mutu kayu jati,dan walau begitu begitu banyak pencinta kayu mahoni,serta dapat bibandingkan di antara kayu jati versi mahoni.

Kayu mahoni begitu banyak dibikin buat perabot atau perabot di jepara, dan telah lama dipakai sebagai bahan baku pokok membuat produk meubel tidak cuman kayu jati tentulah. Kayu mahoni ini rata-rata dibikin buat perabot dengan warna duco, lantaran kayu model ini mempunyai pori-pori yang sedikit maka pas bila buat produk duco. Produk-prouk yang di export ke eropa dan amerika sejumlah besar dibuat dari mahoni. Lantaran dari sana kayu mahoni tergolong satu diantaranya kayu yang mahal, modern dan bintang. Mengapa cenderung menunjuk mahoni dibanding dengan jati?, sebab barangkali bangsa eropa dan amerika mengenali kayu mahoni sebagai kayu kuat dan kayu kuat. Kayu mahoni di eropa dan amerika kebanyakan difungsikan buat perabot indoor dan buat bahan pengerjaan kapal.

Seluruhnya kayu mempunyai kekurangan serta kelebihan masing-masing, baik harga, warna, teksture serat, tingkat kekerasan dan pori-pori yang beda, jadi pilih yang terrbaik yakni ketentuan yang tepat. Baca mengenai kayu mahoni di bawah ini.

Kelebihan Dan Kekurangan Kayu Mahoni

1. Kelebihan Kayu Mahoni

Kuat Dan Tahan Lama

Mutu mahoni nyaris setimbang dengan jati. Sama seperti dengan jati, mahoni mempunyai ketahanan dan kapabilitas yang bagus, selin itu mempunyai periode gunakan yang cukuplah lama. Jadi tidak usah sangsi buat beli perlengkapan yang dibuat dari mahoni, sedikin arahan pilih perabot mahoni bisa saja bila buat indoor, namun bila outdoor jati saja.

Harga Lebih Murah Dari Di Jati

Pastinya kita kenali kayu jati memanglah mempunyai kualiatas yang bagus, akan tetapi harga kayu jati kian mahal sehari-harinya. Dan hal itu buat mehoni jadi kayu alternatif tidak cuman jati, mahoni mempunyai harga yang semakin lebih murah, akan tetapi mempunyai mutu yang nyaris setimbang dengan jati, jadi mahoni dapat menjadi arternatif bila kalian ingin yang tambah murah.

Tak Simpel Turun Atau Ngulet

Kayu mahoni yang paling konstan, lantaran mahoni tak simpel merasakan penyusutan dan transisi wujud (ngulet), dan hal itu yang membuat kayu mahoni sering digunakan dalam industri biola, gitar, piano dan alat musik yang lain. Bahkan juga ada sejumlah produk dari mahoni harga beberapa ratus juta. dan di indonesia kebanyakan buat perabot seperti, almari, bangku, meja, tempat tidur, buffet, dan ada banyak kembali.

Mempunyai serat Yang lembut.

Serat kayu yang dipunyai model kayu ini benar-benar lembut dan mempunyai bermacam corak, hal itu yang membuat bagus bila difinishing dengan warna wajar atau warna classic klasik.

Pori-Pori kecil

 

Pori-pori yang dipunyai kayu mahoni benar-benar kecil maka pas bila difinishing dengan mode cat duco, tidak serupa sekali dengan kayu jati yang mempunyai pori yang semakin besar maka sulit bila dibuat mode duco. Tanpa dampak tinggalkan bintik kekuningan serupa pada kayu jati. Tentu kekeringan prasyarat terpentingnya.

2. Kekurangan Kayu Mahoni

Kayu Mahoni Simpel Terserang Hama.

Kayu mahoni memanglah lumayan riskan buat terserang hama, butuh ditangani privat waktu proses oven dan dalam penyimpanan bahan bakunya. Lantaran waktu tetap jadi bahan baku sangat sering saya merasakan hama di kayu dan membuat berlubang-lubang maka tak pantas difungsikan. Bahkan juga kadangkala waktu produk telah jadi di hinggapi hama. Jalan keluarnya yakni memberikan obat kayu supaya hama mati dan tak tiba kembali

Simpel Berjamur

Saya kurang paham mengenai yang menimbulkan kayu mahoni simpel berjamur. Namun saya memanglah kerap menemuinya di dalam tempat saya bekerja, begitu banyak stock di gudang yang telah berjamur. Tidak serupa sekali dengan jati yang jarang-jarang sekali berjamur.

Tak Pas Buat Outdoor

Di jepara tempat saya tinggal jarang-jarang sekali yang memakai mahoni mau bikin produk outdoor. Hal itu saya anggap pas, lantaran menurut saya periode gunakan kayu mahoni menyusut bila di letakan di luar, tidak hanya itu dapat simpel terserang hama. Akan lebih baik dipakai buat beberapa produk indoor saja

Demikian mengenai kekurangan serta kelebihan kayu mahoni, bila saya ditanyakan apa kayu mahoni bagus dan bermutu?? Jadi jawaban saya yakni iya, kita kenali kalau saat ini kayu mahoni yakni kayu telah berkualitas dalam dunia, bahkan juga buat kelompok eropa sendiri telah jadi yang sangat digemari ketimbang jati. Akan tetapi bila mau bikin meubel outdoor saya rekomendasikan jati saja. Demikian dari saya mudah-mudahan sedikit artikel ini berguna.

Kesimpulannya ?

Apakah bagus kalau memakai kayu mahoni untuk furniture jepara ? tentu saja, masalah hama dan kerepotan2 biarkan jadi masalah kami. Yang pasti kayu mahoni adalah salah satu kayu berkelas didunia. kayu yang sering di Ekport di dunia dari indonesia. keren gak tuh sob jadi bangga di tempatku ada kayu mahoni.

Silahkan tinggalkan komentar jika ada informasi yang salah atau perlu ditambahi dari tulisa kami ini, terima kasih sudah mampir dan semoga Tuhan memberkati kita.

bagi yang pengen produk kayu mahoni silahkan di klik sob…Kayu Mahoni Untuk Bahan Furniture Jepara.. pasti langsung muncul produk2nya……….!!!!!!!!! 

Produk terbaru

best
Rp 13.000.000
Rp 12.500.000
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
best
Rp (Hubungi CS)
new
Kursi Wing Hijau

42%

Rp 2.200.000 3.800.000

Hubungi Kami

07.00-22.00 WIB

082216544898
082216544898
082216544898
afahrudin519@gmail.com

Toko Online Terpercaya

 

Lihat Foto Instagram & Vedeo Produk Kami Disini

Alamat Maps : Mahoni Mebel Furniture Jepara

You Tobe : Faza Mebel Furniture

@ Instagram fazamebel_furniture

Real Vedeo Produk Faza Mebel

Ad FB : Faza Mebel

Rekening Bank

2471787843 A/N Ahmad Fahrudin
1840001051893 Ahmad Fahrudin
0830586725 A/N Ahmad Fahrudin
592801000896509 Ahmad Fahrudin